Dikusi Kelas 4 D

 Ruang Diskusi Kelas 4D. Dosen: M. Tahir & Diyah 

Posting Komentar

108 Komentar

  1. nama saya herawati (E1E019142)
    saya mau bertanya, pada saat saya SD saya mendapat mapel muatan lokal. tetapi mengapa ketika saya SMP dan SMA mata pelajaran muatan lokal tidak diajarkan sama sekali. apakah ini berarti muatan lokal hanya diajarkan ditingkat SD saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya izin menjawab mungkin Muatan lokal dirasa penting untuk ditanamkan pada anak usia sd karena kerja motorik yang cepat untuk memahami apa saja contoh kerajinan sedangkan di jenjang smp dan sma sekolah lebih menekankan pada pelajaran yang bersifat umum contoh seperti seni budaya namun hal itu juga tidak terlalu ditekankan.
      Terima kasih

      Hapus
    2. Menurut saya muatan lokal tetap di pelajari baik itu dari tingkat SD, SMP maupun SMA akan tetapi kembali lagi pada konteks ruang lingkup ketika sd itu lebih di perdalam sehingga dalam pelajaran mulok khusus membahas tentang kebudayaan, ciri khas dan segala macamnya sedangkan beda ketika SMA atau semasa SMP karena kita sudah paham jadi mulok ini di jadikan mata pelajaran ekstra kulikuler sekolah..
      Maaf jika keliru 🙏

      Hapus
    3. Menurut saya ada beberapa faktor mengapa bisa seperti itu
      1. Seperti yang ibu tadi bilang bahwa ingatan di SD lebih kuat sehingga hanya di SD diajarkan mulok
      2. Dismp mungkin terdapat aturan bahwa tidak melibatkan mulok dalam kegiatan pembelajaran. Karena kekurangan guru atau lain hal
      3. Tergantung kesepakatan otonomi daerah dan tim pengembang kurikulum

      Hapus
    4. Saya izin menjawab, seperti yang sudah dijelaskan bahwa muatan lokal masuk kedalam kegiatan kurikuler, dan penempatannya baik di intrakurikuler maupun ekstra kurikuler tergantung dari lebijakan sekolah baik itu SMP maupun SMA. Jadi mengapa di SMP dan SMA tidak ada mata pelajaran mulok, karena kemungkinan pihak sekolah menaruhnya pada kegiatan ekstrakurikuler. Seperti SMA saya dimana kesenian Gendang Beleq dimasukkan ke kegiatan ekstrakurikuler. Kemudian materi mulok juga bisa dimasukkan ke dalam mata pelajaran seni budaya yang terdapat di SMP dan SMA

      Hapus
    5. Husnul Hotimah (E1E019148)
      Menurut saya bukannya tidak diajarakan lagi, akan tetapi mutan lokal dijenjang SMP dan SMA biasanya dimasukkan kedalam pembelajaran kurikuler seperti, mapel pertamanan, tataboga, prakarya dsb. Jadi, bahasanya itu seperti dilain namakan seperti itu🙏

      Hapus
    6. Karena hanya di SD pemerintah memperogramkan hal tersebut.

      Hapus
    7. Saya sependapat dengan yang lain, bahwa pelajaran muatan lokal itu sangat penting bagi siswa SD, dikarenakan siswa SD itu memiliki ingatan yang kuat dalam memahami materi-materi yang diberikan. Jika dilihat dari pengalaman saya, di jenjang SMA dan SMP itu lebih mengarah ke pembelajaran Seni Budaya, dan pada Pembelajaran seni budaya, disekolah saya Itu lebih Banyak menekankan ke praktikumnya, Misalnya dalam membuat kerajinan, dsb.

      Hapus
    8. Menurut saya Pelajaran muatan lokal memang hanya diajarkan ke sd saja karena mulok perlu diajarkan sejak dini kepada anak2, tetapi pada saat smp dan sma ada mata pelajaran prakarya nah itu merupakan integral dari mata pelajaran muatan lokal yg diarahkan pada (Kerajinan, Rakayasa, pengolahan dan budidaya) sederhana yang mengarah kepada wira usaha.

      Hapus
    9. Izin jawab pertanyaan Herawati, mengapa muatan lokal tidak ada pada saat saya SMP dan SMA ? Menurut saya mempelajari mulok semasa SD jauh lebih baik karena bener yang dibilang genta bahwa sistem motorik anak SD lebih cpt menangkap dan mengingat oleh sebab itu mulok hanya dipelajari pada saat SD untuk lebih mengingat kan dan lebih memperkenalkan budaya sendiri sejak dini

      Hapus
  2. Di dalam masyarakat kebudayaan suatu daerah selalu berkembang baik itu adat dan perilaku manusia, sama halnya perilaku setiap orang atau siswa di pengaruhi lingkungan nya semisalnya ada seorang anak tumbuh dalam lingkungan yang buruk maka anak akan terpengaruh dengan lingkungan yang buruk pula, jika nanti kita sudah menjadi seorang guru
    Bagaimana cara kita menanamkan nilai-nilai budaya adat dan perilaku yang baik kepada siswa kita dalam muatan lokal agar anak menjadi lebih baik dalam sikap dan perilakunya..
    Sekian dari saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya guru harus mampu mengemas pembelajaran dengan metode yang tepat agar pesan yang terkandung di dalamnya dapat sampai kepada siswa sesuai dengan tujuan yang direncanakan. Sekolah Dasar tidak hanya memiliki peran untuk membentuk peserta didik menjadi generasi yang berkualitas dari sisi kognitif (pengetahuan), tetapi juga harus membentuk sikap dan perilaku peserta didik sesuai dengan tuntutan yang berlaku.Nilai-nilai kearifan lokal yang ada di sekitar sekolah dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran di Sekolah Dasar. Tak terkecuali dalam pembelajaran untukmenanamkan nilai-nilai nasionalisme. Dengan diintegrasikannya nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran di Sekolah Dasar diharapkan siswa akan memiliki pemahaman tentang kerifan lokalnya sendiri, sehingga menimbulkan kecintaan terhadap budayanya sendiri.

      Hapus
    2. saya izin menjawab pertanyaan hairul ismi. jadi sebenarnya dalam mata pelajaran muatan lokal itu selain memperkenalkan potensi daerah, budaya, maupun adat istiadat juga terdapat pendidikan karakter yang ada di dalamnya. contohnya misalkan dalam pembelajaran bahasa sasak. di dalam pembelajaran bahasa sasak tersebut siswa akan diajarkan bagaimana menggunakan bahasa sasak yang halus dan sopan ketika berbicara kepada teman sebaya atau orang yang lebih tua, sehingga nanti ia bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-harinya. kemudian dalam muatan lokal terdapat cerita rakyat di daerahnya yang dapat diceritakan oleh guru kepada siswanya dengan menyelipkan pesan-pesan moral kepada siswanya. seorang guru juga bisa menggunakan perumpamaan dan membuat kejadian serupa dalam kehidupan peserta didik. atau juga bisa dari perilaku yang dilakukan oleh guru selama mengajar siswa dalam pembelajaran muatan lokal. sehingga dengan upaya atau cara yang saya jelaskan di atas tadi bisa membuat perilaku siswa yang negative menjadi posistive.

      Hapus
  3. Nama saya Hanifah wardatul jannah ( E1E019135) saya ingin bertanya menurut kalian skil apa yang utama dibutuhkan oleh kita sebagai calon guru SD dalam mengajar dalam rangka mengembangkan muatan lokal di SD?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Izin menjawab pertanyaan hanifa
      Menurut saya skill yang dibutuhkan yaitu, bagaimana kita sebagai calon guru kreatif dalam membuat media untuk menyampaikan materi dengan mudah, selain itu setidaknya calon guru memilikinya skill yang berkaitan dengan budaya sebagai contoh yang dapat diberikan kepada siswa. Guru cukup bisa memahami tentang budaya yang diajarkan, jadi tidak hanya berbicara dan membacakan materi yang diberikan
      Namun juga kreatif dalam penyampaian materi, misalnya dengan praktik, atau media pembelajaran lain.

      Hapus
    2. Sebagai calo guru SD kita tentu sangat membutuhkan skill dalam mengajar materi mulok, skill nya itu bisa berupa menguasai ciri khas dan karakteristik disuatu daerah yg mengjadi tempat mengajarnya agar guru bisa tuntas dalam mengajar muridnya, karena jika gurunya pintar muridnya juga pasti pintar. selain itu, guru juga harus lihai dalam membut olahan produk agar siswanya mempunya bekal keterampilan sehingga menghasilkan lulusan yang terbaik

      Hapus
    3. Skill yang kita butuhkan dan harus kembangkan adalah skill berbicara bagaimana cara kita menjelaskan kepada siswa agar mengerti, kemudian kita harus kreatif sebagai guru untuk membuat metode2 pembelajaran yg menyenangkan dan efektif untuk memgajarkam siswa sd pelajaran muatan lokal ini selain itu juga menguasai pengetahuan tentang daerah yg akan diajarkan

      Hapus
    4. Skiil yang harus dimiliki seorang guru muatan lokal yaitu yang pertama guru tersebut harus bisa menguasai budaya daerah yang diajarkan dan memiliki kreatifitas dalam melakukan proses pembelajaran.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Izin bertanya, adakah kesulitan-kesulitan yg dialami oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran muatan lokal? Dan bagaimana cara guru menangani hal tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Izin menjawab pertanyaannya.
      Tidak bisa kita pungkiri bahwa guru pasti mempunyai dan menghadapi kesulitan-kesulitan dalam memberikan pembelajaran muatan lokal ini. Oleh karena itu disini guru diminta untuk berinovasi untuk menciptakan iklim pembelajaran mulok yang seru, kreatif, dan mengedukasi siswa untuk lebih mencintai dan mengenal budaya lokalnya sendiri. Salah satu contoh siswa diminta untuk membawa makanan khas daerah, atau menggunakan pakaian adat daerah dan memperkenalkannya didepan teman-teman mereka.

      Hapus
    2. Menurut saya kesulitan yang biasa di alami guru dalam pembelajaran muatan lokal adalah guru kurang paham potensi atau ciri khas daerah yang di ajarkannya seperti misalnya ada seorang guru yang mengajar mulok tapi blm paham potensi yang ia ajarkan maka cara untuk mengatasi hal tersebut guru harus lebih rajin lagi mendalami potensi atau ciri khas yang akan di ajarkannya.

      Hapus
    3. Pasti ada kesulitan yang dihadapi oleh guru semisalnya waktu mengajar ada anak yg tidak bisa diam ketika dijelaskan karena merasa bosan cara menanganinya dengan membuat permainan di dalam kelas yang menyangkut materi muatan lokal yg diajarkan jadi anak tidak bosan

      Hapus
  6. Menurut kalian, apakah bisa muatan lokal ini diajarkan di SMP hingga ke perguruan tinggi pada semua jurusan? Tolong sertakan alasannya. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya bisa2 saja tetapi tergantung lagi dari peraturan pemerintah pusat, misalnya dalam peraturan sudah diizinkan bahwa mulok boelh diajarkan di Smp sampai keperguruan tinggi maka akan sah2 saja tetapi khusus diperguruan tinggi kita lihat lagi jurusan mahasiswanya, yang bisa itu menurut saya di jurusan keguruan saja,dan tidak hanya di prodi PGSD saja tetapi tergantung lagi deangan ketentuan daerah masing2

      Hapus
    2. Ijin menjawab pertanyaan Ida.
      Menurut saya bisa saja tpi tidak menyalahi aturan yang berlaku. Karena muatan lokal penting untuk semua usia. Karena ilmu tidak memandang usia

      Hapus
    3. Menurut saya muatan lokal bisa diajarkan untuk semua jenjang pendidikan. Karena muatan lokal berisi tentang kebudayaan yang berada di setiap daerah. Meskipun terdapat berbagai jurusan di perguruan tinggi muatan lokal dapat diajarkan. Di erguruan tinggi kita akan bertemu dengan banyak orang yang berasal dari berbagai daerah semakin banyak keberagaman tersebut maka pengembangan muatan lokal akan semakin cepat. Orang yang berasal dari daerah A yang awalnya tidak mengetahui tentang kebudayaan daerah tersebut menjadi tau.

      Hapus
    4. Saya izin menjawab. Hal tersebut bisa saja terjadi tergantung kesepakatan masing-masing instansi dan tentunya kurikulum yang berlaku. Muatan lokal akan sangat berguna baik itu pada jenjang SMP maupun di segala jurusan di universitas. Karena seperti yang kita ketahui pendidikan mengenai budaya daerah sendiri akan membantu kita menyesuaikan dengan lingkungan, setelahnya kita mampu memiliki keterampilan didalamnya setelah mengenalnya dengan baik. Kemudian sebagai contoh pada jurusan kedokteran, seorang dokter perlu memahami budaya setempat untuk mengetahui karakteristik pasiennya, misalnya di daerah tersebut sangat kental dengan dukunnya dalam hal berobat, maka dokter tersebut harus bisa menyesuaikan kira-kira penjelasan seperti apa yang tepat untuk memberikan pemahaman kepada pasiennya.

      Hapus
  7. Nama : Firman Jundi
    Nim : E1E019122

    Izin bertanya. Bagaimana caranya atau upaya meningkatkan pemahaman dan kecintaan terhadap budaya lokal di era globalisasi saat ini, sedangkan yang kita perhatikan dalam realitas bahwa anak-anak lebih mengenal dan mengikuti budaya atau trend dari luar???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang benar anak2 lebih mengenal budaya luar daripada budaya indonesia sendiri, dan hal tersebut merupakan salah satu dampak negatif dari adanya globalisasi. Tetapi kita juga tidak bisa menghilangkan globalisasi ini karena disamping ada kerugian ada juga keuntungannya, yg bisa kita lakukan adalah mengurangi dampak globalisasi ini terutama bagi anak2 agar mereka lebih mencintai ciri khas negara mereka sendiri. Adapun tugas guru adalah memberikan motivasi, mejelaskan tentang betapa menariknya indonesia dan memberikan mereka tugas berupa tarian daerah, membuat masakan daerah, ataupun memyanyikan lagu daerha serta bermain musik daerah. Tetapi satu hal yang pasti anak2 indonesia boleh saja mengaggumi trens yang ada diluar negeri tetapi jgan sampai melupakan ciri khas dari negara indonesia. Menurut saya tidak apa2 anak anak mengenal budaya luar tetapi yang penting tetap membanggakan negaranya sendiri indonesia.

      Hapus
    2. Izin menjawab, menurut saya disini guru harus mengemas pembelajaran muatan lokal dengan baik dan menyenangkan agar siswa pun juga dapat tertarik dengan pembelajaran ini. Sehingga dengan begitu, semakin lama jika siswa sudah menikmati proses pembelajarannya, maka pemahaman dan kecintaannya terhadap budaya lokal semakin meningkat. Terimakasih

      Hapus
    3. saya izin menjawab pertanyaan firman jundi. jadi memang tidak bisa kita pungkiri bahwa di era globalisasi ini anak-anak lebih mengenal dan mengikuti budaya atau trend dari luar.
      kalau menurut saya cara atu upaya yang dapat digunkan untuk meningkatkan pemahaman dan kecintaan terhadap buaya lokal yaitu :
      1. misalnya ketika ada pembelajaran mengenai makanan khas daerah, kita bawakan siswa itu seperti apa makanan khas daerah itu, lalu jika memungknkan kita ajak mereka untuk bersama-sama membuatanya.
      2. guru bisa menngunakan media pembelajaran yang lebih menyenangkan agar siswa tidak merasa bosan ketika belajar muatan lokal.
      3. tetapi jika masih saja anak2 itu ikut2 an budaya luar., sya ada solusi, kita tahu sendiri bahwa sekarang lagi ngetrend tik tok, nah kita bisa mengajarkan budaya lokal dan budaya luar disana. contohnya lagu tarian lokal nya di mix dengan lagu luar. tetapi gerakannya tetap menggunakan tarian lokal. anak2 kan seneng tuh kalau disusuruh joget tik tok, tpi perlu diperhatikan budaya luar yang diambil harus baik, jangan semua diambil.

      Hapus
    4. Menurut saya hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan kecintaan terhadap budaya lokal di era globalisasi saat ini, sedangkan anak-anak lebih mengenal dan mengikuti budaya atau trend dari luar, bisa dengan membuat atau mempertunjukkan budaya kita secara lebih menarik dan tidak membuat anak cepat bosan, dan karena teknologi semakin berkembang kita bisa menggunakan dan memanfaatkan tekhnologi yg canggih tetapi tidak melunturkan nilai asli dari budaya tersebut dengan membuat film mengenai budaya di daerah nya juga bisa mengajak jalan2 siswanya langsung melihat pertunjukan daerahnya

      Hapus
  8. Izin menjawab pertanyaan Herawati. Kalau dilihat dari pengalaman saya waktu SD, SMP, SMA muatan lokal itu tetap diajarkan akan tetapi muatan lokalnya diajarkan berbeda waktu SD saya diajarkan tulisan aksara, kemudian waktu SMP dan SMA saya diajarkan bahasa inggris sebagai isi pelajaran dari muatan lokal tersebut. Jadi menurut saya muatan lokal itu diajarkan pada semua jenjang sekolah sekian terimakasih mohon maaf jika salah🙏

    BalasHapus
  9. Mengapa mata pelajaran muatan lokal hanya ada di SD saja? Sedangkan untuk jenjang SMP dan SMA muatan lokal dijadikan sebagai ektrakurikuler seperti gendang beleq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Izin menjawab pertanyaan nya.
      Karena di sekolah dasar mereka diberikan pemahaman dan ditanamkan kecintaan terhadap budaya lokal melalui materi dan praktik yang tidak terlalu banyak. Saat di sekolah menengah mereka diberikan pembelajaran yang realitas tidak hanya sekedar materi tetapi mereka terlibat langsung tentang budaya mereka tetapi melalui ekstrakurikuler budaya seperti gendang beleq, sanggar tari dan masih banyak yang lainnya

      Hapus
    2. Saya I Gusti Ayu Dian Apriliani (E1E019149) izin menjawab,
      Menurut pendapat saya muatan lokal hanya diajarkan di SD itu karena di SD merupakan sebagai dasar atau pondasi/awal untuk memperkenalkan muatan lokal tersebut dengan demikian di sd
      Kita dapat mengetahui dan mengenal kearifan lokal yang ada di daerah tempat tinggal kita misalnya mengenal makanan khas daerah tersebut bahkan adat istiadat dan budayanya dari daerah tempat tinggal kita kemudian,
      kenapa ketika SMP dan SMA malah diajarkan sebagai ekstrakulikuler misal gendang beleq, menurut saya karena kita ketahui kan di SD kita sudah mengenal dan mengetahui dari dasarnya nah jadi ketuka SMA muatan lokal itu tidak dijelaskan kepada siswa secara terperinci hanya saja diaplikasikan/diterapkan muatan lokal seperti gendang beleq tersebut ke dalam ekstrakulikuler. Sekian terimakasih 🙏

      Hapus
    3. Izin menjawab, menurut saya karena pelajaran di SD merupakan pelajaran dasar sehingga diberikan pendidikan muatan lokal sebagai dasar untuk melestarikan budaya. Kemudian pada jenjang sekolah menengah pelajaran sudah lebih kompleks dan waktu yang tersedia sangat terbatas oleh karena itu muatan lokal dipindahkan ke kegiatan ekstrakurikuler untuk mengoptimalkan waktu belajar dan disamping itu tidak menghilangkan muatan lokal daerah

      Hapus
  10. Assalamualaikum nama saya genta yuandana (E1E019127) saya ingin bertanya bagaimana memberikan edukasi atau pembelajaran Muatan lokal yang menyenangkan bagi anak sehingga anak senang apabila belajar? Bagaimana Menurut Anda sebagai calon guru ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ijin menjawab pertanyaan Genta. Menurut saya adalah dengan mengajak anak untuk terjun langsung melihat kebudayaannya karena anak merasa bosan belajar dikelas. Atau bisa mengajak mereka menirukan langsung gerakan menari

      Hapus
    2. Dalam hal mengajar anak-anak jangan pernah membuat anak tersebut merasa tegang ataupun tertekan dalam proses pembelajaran anda.

      Hapus
    3. Izin menjawab, menurut saya pembelajaran muatan lokal dapat diberikan selain melalui penjelasan, seorang guru dapat menyertakan gambar-gambar atau video yang terkait dengan budaya tersebut. Selain itu seorang guru dapat mengikutsertakan seorang siswa kedalam pembelajaran tersebut dalam kegiatan praktik sehingga siswa akan berperan aktif dalam pembelajaran. Terimakasih

      Hapus
    4. Caranya adalah dengan cara mengajar anak belajar sambil bermain, agar pembelajaran mulok lebih menyenangkan maka guru harus menggunak metode pembelajaran yang bervariasi seperti bermain peran, memberikan tugas wawancara, praktes langsung dilapangan, dan tidak hanya mengajar materi saja yang membuat siswa cepat merasa bosan, dan kalau bisa guru tidak hanya menggunakan metode ceramah tetapi mengajak siswa diskusi, dari diskusi tersebut guru memberikan apresiasi terhadap siswa yg aktif bertanya, menjawab, dll

      Hapus
    5. saya izin menjawab. caranya guru harus kreatif dalam menggunakan media pembelajaran yang akan digunakan nanti pada muatan lokal. siswa paling tidak suka kalau gurunya terlalu banyak bicara saat menjelaskan, jadi sebisa mungkin guru harus membuat siswa itu ikut terlibat dalam pembelajaran, atau lebih simpel ajak siswa itu untuk praktek langsung. atau saran saya sebelum memulai pebelajaran ajaklah siswa anda untuk menyanyi lagu daerah agar mereka lebih semangat dan siap dalam menerima pembelajaran muatan lokal.

      Hapus
    6. Izin menjawab
      Menurut saya, pembelajaran muatan lokal tidak hanya diberikan aspek kognitifnya saja tetapi peserta didik diajak untuk terjun langsung dalam pembelajaran budaya tersebut agar peserta didik tidak jenuh hanya mendengarkan teori saja tapi prakteknya tidak.

      Hapus
    7. Cara mengajarkan anak harus lebih menyenangkan dan tidak membosankan bisa dengan film atau membuat sebuah pertunjukan drama tentang budaya daerahnya

      Hapus
  11. Nama : Haeriyatul Mona
    NIM : E1E019132
    Izin bertanya, menurut kalian seberapa besar pengaruh mata pelajaran muatan lokal terhadap budaya setempat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya izin menjawab pertanyaan Mona
      Menurut saya besar pengaruh muatan lokal ini terhadap kebudayaan setempat hal ini di lihat kembali dari tujuan pembelajaran mulok ini adalah untuk lebih memperdalam budaya tersebut supaya tidak terkikis apa lagi pada zaman sekarang ini jadi sangat penting menurut saya pembelajaran muatan lokal ini terhadap budaya setempat

      Hapus
    2. Izin menjawab.
      Pengaruh pelajaran muatan lokal terhadap budaya setempat sangat besar dan penting. Karena suatu budaya apabila tidak diteruskan atau diturunkan kepada generasi selanjutnya maka budaya tersebut akan punah, oleh sebab itu melalui pelajaran muatan lokal siswa diberikan dan ditanamkan rasa cinta budaya dan bagaimana mereka bisa melestarikan dan menjaga budaya mereka agar tidak punah

      Hapus
    3. Saya izin menjawab. Muatan lokal sangat berpengaruh terhadap budaya setempat, dimana di dalam muatan lokal ini peserta didik diajarkan tentang budaya yang ada di suatu daerah secara mendalam sehingga budaya yang ada di daerah tersebut harapannya tetap terjaga dan kedepannya peserta didik dapat mengembangkan potensi budaya yang ada di daerah tersebut. Terimakasih

      Hapus
    4. Menurut saya pengaruh mata pelajaran muatan lokal terhadap budaya setempat sangat besar. Sebagaimana kita keTahui bahwa budaya daerah memiliki nilai-nilai yang sangat berguna bagi masyarakat. Akan tetapi banyak pemuda atau anak zaman sekarang yang mungkin tidak mengetahui nilai budaya tersebut. Sehingga dengan adanya mata pelajaran muatan lokal diharapkan mampu mengembalikan atau menanamkan nilai budaya daerah kepada pemuda atau anak-anak sejak awal.

      Hapus
    5. Pengaruh muatan lokal sangat besar terhadap budaya setempat.
      Banyak nilai-nilai budaya kita yang sangat tinggi nilainya tapi tidak dikenal, apalagi dilaksanakan.sehingga ketika kita belajar mulok itu dapat terus mengembangkan budaya yang ada pada sekitar kita. Dan itu juga dapat mempengaruhi siswa yang mungkin tadinya tidak peduli dengan kebudayaan sekitar jadi mau mempelajari dan melestarikan budaya yang ada disekitar daerahnya.

      Hapus
    6. Menurut saya, Pengaruh muatan lokal sangat besar terhadap budaya setempat karena muatan lokal memang diajarkan tentang budaya. Nah Banyak nilai-nilai budaya kita yang sangat tinggi nilainya tapi tidak dikenal, apalagi dilaksanakan. Kalau hal ini dibiarkan terus maka generasi mendatang akan kehilangan identitasnya sebagai bangsa Indonesia; Kekayaan budaya bangsa yang sangat banyak tersebut perlu diintegrasikan dalam satuan mata pelajaran mulai sejak dini. Integrasi kekayaan nilai budaya tersebut dapat di implementasikannya, Sehingga Siswa yang tadinya tidak tahu mengenai budaya daerahnya, dengan adanya pembelajaran mulok mereka akan mengenal dan ingin mencari tau serta ingin mempelajari budaya.

      Hapus
    7. Menurut saya pengaruh muatan lokal dengan budaya setempat itu cukup besar karena dengan belajar muatan lokal yang dimana kita diajarkan tentang budaya daerah masing-masing sepertu memperkenalkan kita tentunya kita akan tau bahwa itulah budaya kita. Dengan pengetahuan kita terhadap budaya kita itu akan membuat budaya kita akan tetap ada dalam diri kita ketika kita sudah berada didaerah lain. Selain itu juga ketika kita sudah cinta akan budaya kita, kita akan ikut memperkenalkan budaya kita pada orang2 diluar budaya tanpa menghilangkan rasa toleransi dan membuat budaya kita dikenal oleh org luar begitupun sebaliknya kita juga akan tahu budaya org luar ketika ia sudah cinta terhadap budayanya.
      Sekian terimakasih

      Hapus
    8. Muatan lokal sangat berpengaruh untuk kebudayaan yang ada di masing-masing daerah. Dengan adanya muatan lokal maka suatu kebudayaan yang ada didaerah tersebut akan tetap terjaga, karena muatan lokal adalah salah satu bentuk pelestarian suatu kebudayaan daerah

      Hapus
    9. Pengaruhnya sangat besar karena dengan siswa mengetahui masalah dan potensi yang bisa mereka kembangkan dari daerahnya maka bisa saja mereka memajukan daerah bahkan mengharumkan nama sekolahnya serta memiliki keterampilan yang bisa mereka manfaatkan untuk menunjang kehidupannya. Dan yang paling penting disini adalah mereka bisa melestarika budaya mereka yang menarik dan bisa terkenal sampai dikalangan internasional

      Hapus
    10. Nama : Ghalby Khilafatulqudduus
      NIM : E1E019128
      Mata pelajaran muatan lokal sangat berpengaruh terhadap budaya daerah tersebut. Apalagi mata pelajaran muatan lokan sudah di ajarkan ke anak - anak sejak SD, pasti sangat bermanfaat bagi mereka untuk kedepannya. Dengan adanya mata pelajaran muatan lokal, anak - anak dapat mempelajari budaya yang ada di daerah mereka dan sangat berpengaruh bagi mereka dan daerah tersebut kedepannya. Sekian terimakasih

      Hapus
    11. Pengaruh muatan lokal untuk budaya setempat tentunya berpengaruh nilai budaya dapat dilestarikan dan dapat di kenalkan. Karena anak yang tadinya tidak tau mengenai budqya daerahnya sehingga menjadi tau dan mengenali budaya daerahnya. Kekayaan budaya bangsa yang sangat banyak tentunya perlu untuk di ajrkan dalam suatu mata pelajaran.

      Hapus
    12. Muatan lokal pasti sangat diperlukan, apalagi untuk kemajuan daerah yang otomatis berdampak baik bagi kemajuan nasional, untuk itu muatan lokal sangat diperlukan sebagai bentuk pengembangan tersebut. Muatan lokal diperlukan untuk pelestarian budaya, pengembangan kebudayaan, serta pengubahan sikap lingkungan terhadap lingkungan.

      Hapus
    13. tentu saja pembelajaran muatan lokal memberikan pengaruh besar terhadap budaya setempat. salah satu pengaruhnya adalah budaya setempat jadi tidak luntur dan menjadi lebih dikenal oleh masyarakatnya. karena nanti siswa yang diajarkan muatan lokal lulusannya dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri maupun orang banyak terhadap budaya yang sudah dipelajarinya dalam muatan lokal.

      Hapus
    14. Nama :Gina Anggraini(E1E019130)(4D)
      menurut sya muatan lokal sangat berpengaruh terhadap kebudayaan setempat karena semakin modern nya suatu daerah maka perubahan2 setempat pasti ada karena itu kebudayaan tersebut sangat berpengaruh penting dalam melestarikannya dan menjaganya agar tidak hilang maka dari itu dibuatnya kurikulum muatan lokal agar siswa dapat merasakn kebudayaan tersebut dan dilestarikannya dari generasi ke generasi.

      Hapus
  12. Saya Hardiantiningsih (E1E019137) izin bertanya, barusan kita sudah mempelajari materi tentang muatan lokal dan sudah kita bahas bahwa muatan lokal itu adalah mata pelajaran yang bertujuan agar siswa atau mahasiswa dapat lrbih rinci dan detain mengenal ciri jhas dan karakteristik daerah masing2 serta dapat meningkatkan keterampilan sehingga bisa lebih mudah hidup ditengah tengah masyarakat. Pertanyaan saya adalah bagaimana cara kita sebagai calon SD bsk mengajar mata pelajaran muatan lokal pada anak inklusi atau anak yang memiliki kebutuhan khusus? Agar mereka lebih bisa hidup ditenganw masyarakat dan tetap bisa mengembangkan keterampilan yang mereka miliki. Terimakasih mohon dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, cara kita mengajarkan kepada anak yang inklusi adalah menyesuaikan dengen kebutuhan mereka ada yg tuna rungu bisa dengan memperlihatkan gambar dan diperlihatkan secara visual, anak yg tuna netra bisa secara audio atau buku bacaan yg khusus untuk mereka dan lainnya, jadi untuk mengajarkannya kita harus menyesuaikan terhadap apa yg anak tersebut butuhkan sehingga mereka dapat mengembangkam potensi yg mereka miliki

      Hapus
  13. Genta Fhany Saputra (E1E019126)
    Pertanyaan saya:
    Seberapa besar pengaruh muatan lokal terhadap kebudayaan setempat atau daerah² kita, dan apa dampak yg signifikan untuk sektor pariwisata ataupun sektor² lain yang ada di daerah tersebut.
    Terimaksih
    Wassalamualaikum warohmatulohi wabarakatuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Izin menjawab.
      Pengaruh muatan lokal dengan sektor pariwisata dan sektor lainnya memiliki dampak yang signifikan. Muatan lokal selain sebagai pelajaran untuk melestarikan dan menjaga budaya, nantinya implementasi dari muatan lokal juga bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap sektor pariwisata salah satu contohnya sasak Sade yang ada di lombok tengah, tenun songket yang ada di sukarare Lombok tengah dimana budaya disana sangat kental dan dilestarikan serta diberikan fasilitas oleh pemerintah dimana keduanya mampu menarik wisatawan mancanegara atau lokal untuk datang dan mempelajari budaya yang ada disini sehingga akan merembet ke sektor ekonomi dimana daerah nya bisa berkembang dengan pesat walaupun melalui sektor budaya

      Hapus
    2. Ketika muatan lokal dapat dikelola dengan baik maka pariwisata juga akan berjalan baik dan akan membuat para turis lokal/manca akan tertarik dan dapat membuat perekonomian naik.

      Hapus
    3. Pengaruh muatan lokal sangat besar, dengan muatan lokal kebudayaan yang ada disetiap daerah secara tidak langsung akan tetap terjaga karena muatan lokal adalah salah satu bentuk pelestarian dari suatu kebudayaan yaitu mengenalkan kebudayaan daerah yang kita miliki kepada orang lain. Sedangkan pengaruh muatan lokal untuk sektor pariwisata adalah banyaknya orang-orang dari daerah lain tertarik untuk tau bahkan ingin mengenal kebudayaan yang ada didaerah tersebut.

      Hapus
  14. Nama : Helmi Anisah
    NIM : E1E019140

    Di zaman yang semakin maju ini, membuat anak-anak khususnya mudah mengenal budaya luar. Bahkan banyak juga yang lebih menyukai budaya luar daripada budayanya sendiri. Pertanyaan saya, bagaimana cara guru menanamkan kecintaan dan kesukaan anak-anak tersebut terhadap bubudayanya sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Izin menjawab pertanyaan Helmi..
      Menurut saya cara guru menanamkan kecintaan dan kesukaan anak-anak tersebut terhadap bubudayanya sendiri adalah dengan guru selalu mengaitkan setiap pembelanjaan dengan kebudayaan khas yang ada pada daerah tersebut sehingga lama kelamaan siswa mulai mengenali kebudayaan khas yang ada di daerah tersebut kemudian perlahan mulai mencintai kebudayaan yang ada pada daerah tersebut.

      BALAS

      Hapus
    2. Izin menjawab, menurut saya hal yang dapat dilakukan sebagai guru adalah dengan memaparkan keindahan dari budaya itu sendiri. Kita harus mengenal anak terlebih dahulu dan memberikan pengetahuan tentang budaya daerah melalui sudut pandang yang disukai oleh anak.

      Hapus
    3. nama saya gina anggraini(E1E019130)4D Cara menanamkan kecintaan dan kesukaan terhadap budaya sendiri guru harus membuat anak didik timbul rasa cinta kepada kebudayaan sendiri dengan cara mengajak peserta didik berkunjung ke museum daerah bahwa disana siswa mampu melihat langsung kebudayaan nya sendiri baik ,disitulah siswa akan timbul rasa cinta terhadap kebudayaan sendiri.selain itu dengan diadakan pertujukan seni daerah seperti tarian,bernyanyai dan lain. mampu membuat timbulnya kesukaan dan kecintaan terhadap kebudayaannya.

      Hapus
    4. Menurut saya, cara menanamkan kecintaan peserta didik dengan budaya yaitu dengan cara guru menceritakan keindahan budaya yang dimiliki daerahnya yang dimana setiap daerah memiliki budaya yang berbeda-beda. Setelah itu guru memberikan tugas untuk mengenali budayanya sendiri serta mempraktik, nah dengan hal tersebut peserta didik mengenali budaya apa yang mereka miliki didaerahnya dan lama kelamaan peserts didik akan merasa bangga dan cinta pda budayanya

      Hapus
  15. Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Nama saya Ghalby Khilafatulqudduus (E1E019128) ingin bertanya. Saya pernah mengikuti pelajaran mulok hanya di SD. Sementara di SMP sampai SMA pelajaran mulok tidak ada. Di SMP sampai SMA ada pelajaran yang hampir mirip mulok, yaitu pra karya. Pertanyaan nya, tidak adanya pelajaran mulok di SMP sampai SMA apakah disebabkan oleh adanya pelajaran pra karya? Dan Apa persamaan dan perbedaan mulok dengan pra karya. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbedaan antara mulok dan prakarya yakni, mulok ini kan merupakan muatan untuk mengembangkan potensi daerah sebagai upaya untuk peningkatan mutu sekolah, nah sedangkan prakarya lebih kepada kegiatan untuk menghasilkan atau membuat sesuatu dan mengarah ke usaha
      Prakarya ini merupakan integrasi dari mata pelajaran muatan lokal

      Hapus
    2. Izin menjawab pertanyaan ghalby persamaan dan
      perbedaan mulok dan prakarya

      1. Dari perbedaan
      prakarya adalah suatu kegiatan seni yang dimaksudkan untuk menciptakan atau mebuahkan atau membuat suatu karya tertentu, sedangkan mulok adalah suatu kegiatan atau pelajaran seni muatan lokal yang dimaksudkan untuk mempelajari atau mengamati atau mempraktekan suatu ajaran budaya lokal atau seni tertentu.

      2. Untuk persamaan nya sendiri mulok dan prakarya adalah pelajaran yang sama-sama di bidang seni atau mempelajari kebudayaan.

      Hapus
  16. Izin bertanya bagaimana menurut kalian yang sudah mempelajari muatan lokal sejak SD hingga sekarang apa yang dapat kalian lakukan sebagai wujud kecil dari implementasi pembelajaran mulok tersebut bagi diri sendiri khususnya dan umumnya untuk lingkungan sekitar?
    Sekian terimakasih🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang dapat saya lakukan sebagai wujud kecil dari implementasi pembelajaran mulok bagi diri saya sendiri adalah saya dapat menghargai budaya dari daerah sy sendiri saya dapat membuat makanan khas daerah kemudian bagi masyarakat sekitar di sd mulok diajarkan bahasa halusnya jadi ketika berkomunikasi dengan masyarakat saya dapat menggunakan bahasa halus sedikit2 agar tetap melestarikan bahasanya

      Hapus
  17. Ghudaifa Rasya (E1E019129)
    Bagaimana cara atau metode efektif yg kalian gunakan sebagai guru nantinya mengajarkan pelajaran mulok ini dan siswa kalian dapat menumbuhkan kecintaan, mengembangkan dan melestarikan budaya yg ada di daerahnya juga tidak terpengaruh oleh budaya asing yang semakin membuat budaya kita luntur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Izin menjawab.
      Menurut saya guru harus berinovasi dalam memberikan pembelajaran muatan lokal. Agar mereka lebih mengenali budayanya sendiri maka disini selain memberikan teori sebaiknya juga siswa dilibatkan langsung dalam budayanya tersebut, selain itu guru juga bisa mengajak siswa untuk berkunjung ke museum daerahnya agar dapat mengetahui dan mengenali budaya mereka dan salah satunya juga ajarkan alat musik daerahnya seperti membuatkan ekskul gendang beleq cilik sehingga menurut saya hal ini membuat siswa tidak bosan dan mereka bersemangat dalam mempelajari budaya agar tidak menjadi luntur

      Hapus
    2. Izin menjawab pertanyaan dari ghudaifa Rasya, menurut saya guru harus menanam kan pada diri siswa sejak dini bahwa kecintaan pada budaya daerah sendiri itu sangat amat penting untuk dirinya dan orang lain dan harus karena ketika kita sudah tau dan mengenal budaya yang ada di daerah sendiri , tau apa saja lagu daerah nya, makanan khasnya, pariwisata" yang ada di daerahnya itu nanti ketika mereka dewasa dan sudah mengenal semua yang ada di daerahnya maka mereka akan lebih mudah untuk bersosialisasi pada suatu organisasi yang menyangkut kebudayaan. Dan ketika mereka mengikuti suatu program atau event seperti pemilihan Putri Mandalika dan pemilihan terune dedare mereka akan lebih mudah untuk lolos dalam ajang tersebut, knp? Karena dlm ajang seperti ituu topik pembicaraan nya itu tentang budaya daerah. Jadi dengan menanam kan rasa kecintaan dan lebih memperkenalkan mulok pada anak sejak dini sangat lah bermanfaat.

      Hapus
    3. Menurut saya, cara menanamkan kecintaan peserta didik dengan budaya yaitu dengan cara guru menceritakan keindahan budaya yang dimiliki daerahnya yang dimana setiap daerah memiliki budaya yang berbeda-beda. Setelah itu guru memberikan tugas untuk mengenali budayanya sendiri serta mempraktik, nah dengan hal tersebut peserta didik mengenali budaya apa yang mereka miliki didaerahnya dan lama kelamaan peserts didik akan merasa bangga dan cinta pda budayanya.

      Hapus
  18. Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Saya fitri ramadan izin bertanya apa metode yang cocok yang digunakan dalam pembelajaran muatan lokal agar peserta didik mudah untuk memahami dan mengimplementasi pada lingkungan daerahnya?? Jelaskan!!!

    BalasHapus
  19. Nama :Gina Anggraini(E1E019130)(4D)
    Saya ingin bertanya dalam pembelajaran mutan lokal di SD, apakah ada strategi atau cara guru dalam menarik minat siswa untuk belajar muatan lokal dan membuat siswa dapat memperaktikan nilai nilai kebudayaan positif untuk dirinya dengan orang lain?jelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Strategi yang harus guru lakukan untuk menarik minat siswanya dalam bljr mulok adalah dengan memberikan bahan ajar yang mudah dipahami oleh siswa SD contohnya seperti belajar membuat bunga dari bahan-bahan yang mudah di dapat kan seperti sedotan atau pipet, dg bahan tersebut siswa SD dapat praktek membuat bunga dari sedotan, seperti itu ginaa

      Hapus
  20. Nama : Ika Hikmatul Ummi (E1E019152)
    Izin bertanya.
    Agar peserta didik tidak cepat merasa bosan di setiap pembelajaran muatan lokal, seperti apa Strategi formal dan non formal yang cocok untuk pembelajaran mulok pada sekolah dasar?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan

    1. 1. Strategi formal maksudnya disini adalah guru tidak hanya memberian teori atau kognitifnya saya tetapi mereka juga melalukan praktek langsung dalam aula kelas, dll sehingga disini peserta didik langsung mengalami langsung apa yang mereka pelajari sehingga peserta didik juga tidak merasa bosan karena mereka belajar sambil bermain.
      2. Strategi non formal, strategi yang dilakukan diluar guru atau tanpa anjuran dari guru berlangsung dalam diri peserta didik yang dapat dilihat dari kemauan peserta didik yang mendatangi langsung ke tempat peristiwa budaya.
      Contohnya : siswa yang melihat pertunjukan tari budaya di daerahnya, kemudian ada rasa ingin mempelajari tarian tersebut dan kemudian belajar tari tersebut atas kemauan sendiri.

      Hapus
    2. Saya I Gusti Ayu Dian Apriliani (E1E019149), izin menjawab pertanyaan dari Ika
      Menurut saya untuk strategi formal agar siswa tidak merasa bosan ketika mengikuti pelajaran muatan lokal, yaitu ketika proses pembelajaran berlangsung guru dapat menampilkan video atau gambar² terkait muatan lokal yg diajarkannya sehingga anak² tidak merasa bisa dengan penjelasan yg diberikan oleh gurunya tersebut, kemudian untuk
      -strategi non formalnya itu seperti mengajak peserta didik study tour, Disa mereka bisa belajar mengenal budaya lokal daerahnya misalnya guru mengajak peserta didik pergi study tour misalnya ke desa Sade nah disanalah mereka bisa belajar gmna budaya, adatistiadat sambil berwisata dengan demikian pembelajaran muatan lokal yang mereka pelajari tersebut menyenangkan dan tidak membosankan. Sekian terimakasih

      Hapus
  21. Indar Egi Priyatni (E1E019155)
    Menerapkan ekstra kurikuler di tiap-tiap sekolah dasar(SD) merupakan suatu kegiatan yang positif yg dapat menumbuhkan dan menyalurkan potensi dari
    masing-masing siswa" SD tersebut , lalu tindakan apa yang harus dilakukan guru untuk memberi jalan agar para siswa siswi dapat menyalurkan potensi yang ada dalam diri mereka??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tindakan yg pertama adalah guru atau sekolah menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung kegiran ekstrakurikuler tersebut karena akan sangat susah bagi siswa yang memiliki potensi yang luar biasa tetapi tidak ada fasilitas yang memdai dan itu percuma, kedua adalah memghadirkan guru yang berkualitas yang dapat mengembangkan potensi atau skill siswa sehingga potensi tersebut bisa terasah dengan baik dan efisien, terakhir peran orang tua juga sangat penting disini karena siswa lebih banyak menghabiskan waktunya dirumah daripada disekolah dan potensi yang dimiliki siswa harus didukung oleh orang tua seperti memotivasinya, memberikan perhatian lebih, dsb

      Hapus
  22. Saya ingin bertanya, muatan lokal merupakan pengetahuan tentang budaya daerah di tempat tersebut sehingga materi yang diajarkan sangat familier dengan lingkungan anak-anak. Sehingga tidak jarang anak-anak menganggap remeh pelajaran tersebut karena mereka berpikir bahwa hal itu dapat dipelajari di rumah. Pertanyaan saya bagaimana cara mengatasi pemikiran anak yang seperti itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Izin menjawab, menurut saya disini kita perlu menjelaskan dan memberikan contoh yang konkrit mengenai urgensi atau pentingnya budaya daerah setempat. Kita juga dapat memberikan penjelasan kepada mereka bahwa budaya daerah setempat sangat penting untuk dipelajari tidak hanya di rumah saja, tetapi juga di sekolah, karena pembelajaran yang diadakan di sekolah mengenai budaya daerah tersebut sudah tersusun secara sistematis sehingga bisa dikatakan pembelajaran budaya daerah di sekolah dilakukan secara mendalam. Dengan begitu anak-anak juga perlu untuk belajar mengenai budaya daerah setempat di sekolah. Terimakasih

      Hapus
  23. Nama:Hidayatul Fatmi
    Nim:E1E019144
    Metode pembelajaran apa yang tepat dapat
    digunakan guru mengajar mulok untuk mencapai tujuan dalam kurikulum muatan lokal
    ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya dengan cara menggunakan
      lingkungan sebagai sumber belajar
      maka besar kemungkinan murid dapat
      mengamati, melakukan percobaan
      atau kegiatan belajar sendiri. Belajar
      mencari, mengolah, menemukan
      informasi sendiri dan menggunakannya. Dengan menciptakan
      situasi belajar, bahan kajian dan cara
      belajar mengajar yang menantang dan
      menyenangkan maka aspek kejiwaan
      mereka yang berada dalam proses
      pertumbuhan akan dapat
      ditumbuhkembangkan dengan baik.

      Hapus
    2. Izin menjawab. Secara umum tujuan program pendidikan muatan lokal adalah mempersiapkan murid agar mereka memiliki wawasan yang mantap tentang lingkungannya serta sikap dan perilaku bersedia melestarikan dan mengembangkan sumber daya alam ,kualitas sosial, dan kebudayaan yang mendukung pembangunan nasional maupun pembangunan setempat. Dan dengan cara menerapkan sistem pembelajaran yang cukup menarik perhatian serta melakukan suatu hal yang menarik agar dapat dikembangkan dengan baik. Mohon maaf jika Jawabannya kurang tepat. Terimakasih

      Hapus
  24. Pekernalkan nama saya Indah Suryani (E1E019154) izin bertanya.
    Apakah pengelolaan kurikulum inti dan kurikulum muatan lokal sama ? Jika tidak bagaimana cara anda mengaplikasikan kurikulum inti dan muatan lokal, agar dapat memenuhi setiap komponennya !

    BalasHapus
  25. Pada integrasi kurikulum muatan lokal, terdapat penyeleksian mulok oleh sekolah yg harus
    dilaksanakan dengan terencana dengan komitmen yang baik sehingga program
    muatan lokal tersebut masuk ke dalam rencana operasional sekolah. Jadi bagaimanakah penyeleksian
    muatan lokal tersebut dilakukan?

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum wr.wb saya Harisya Noviantari (E1E019138) ingin bertanya, bagaimana evaluasi dalam pelaksanaan muatan lokal

    BalasHapus
  27. Ida Royani (E1E019150)
    Saya izin bertanya.
    Di dalam masyarakat budaya selalu berkembang. Adat dan perilaku manusia juga termasuk dalam kebudayaan. Jika anak tumbuh dalam lingkungan yang buruk maka anak akan terpengaruh dengan lingkungan yang buruk. Nah pertanyaannya
    Bagaiman seorang guru menanamkan nilai-nilai budaya adat dan perilaku yang baik dalam muatan lokal agar anak tersebut menjadi lebih baik dalam sikap dan perilakunya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf pertanyaan ida royani sama dengan pertanyaan hairul ismi. jadi tentu jawaban yang saya berikan sama dengan pertanyaan hairul ismi di atas.


      jadi sebenarnya dalam mata pelajaran muatan lokal itu selain memperkenalkan potensi daerah, budaya, maupun adat istiadat juga terdapat pendidikan karakter yang ada di dalamnya. contohnya misalkan dalam pembelajaran bahasa sasak. di dalam pembelajaran bahasa sasak tersebut siswa akan diajarkan bagaimana menggunakan bahasa sasak yang halus dan sopan ketika berbicara kepada teman sebaya atau orang yang lebih tua, sehingga nanti ia bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-harinya. kemudian dalam muatan lokal terdapat cerita rakyat di daerahnya yang dapat diceritakan oleh guru kepada siswanya dengan menyelipkan pesan-pesan moral kepada siswanya. seorang guru juga bisa menggunakan perumpamaan dan membuat kejadian serupa dalam kehidupan peserta didik. atau juga bisa dari perilaku yang dilakukan oleh guru selama mengajar siswa dalam pembelajaran muatan lokal. sehingga dengan upaya atau cara yang saya jelaskan di atas tadi bisa membuat perilaku siswa yang negative menjadi posistive.

      Hapus
  28. Saya Fitriani ( E1E019124). Izin menjawab pertanyaan Hidayatul fatmi metode pembelajaran yang tepat di gunakan guru mulok untuk mencapai tujuan dalam kurikulum muatan lokal adalah Secara khuhus muatan lokal adalah program pendidikan dalam bentuk mata pelajaran yang isi dan media penyampaiannya dikaitkan dengan lingkungan alam, lingkungan sosial, dan lingkungan budaya serta kebutuhan daerah yang wajib dipelajari oleh peserta didik di daerah itu.Sebagai upaya pemerintah untuk lebih meningkatkan relevansi terhadap kebutuhan daerah yang bersangkutan.
    1.) Kurikulum muatan local menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri
    2.) Kurikulum muatan local di hubingkan dengan mata pelajaran lain
    3.)Kurikulum muatan local melalui peristiwa actual
    Jadi guru supaya bisa mencapai tujuan dalam muatan lokal guru harus bisa memilih metode yang tepat supaya perserta didik mudah memahami tentang kurikulum muatan lokal.

    BalasHapus
  29. Heri Kurniawan (E1E019143) bagaimana cara kita mengetahui tercapainya atau keberhasilan dalam suatu mapel muatan lokal dalam penerapannya didaerah atau kehidupan lngsung.

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum izin bertanya . Dalam muatan lokal dari berbagai daerah terutama daerah kita masing-masing bagaimana cara dan upaya untuk mengembangkan cinta terhadap budaya atau kesenian dalam daerah kita sendiri ? Kita tau sekarang kebanyakan anak anak atau kalangan muda terlalu gengsi untuk belajar tentang kesenian karena menurut mereka jadul. Terimahkasih

    BalasHapus
  31. Saya I Gusti Ayu Dian Apriliani (E1E019149), izin bertanya kan diera globalisasi yg semakin pesat ini banyak saya lihat anak² kecil mulai menyukai budaya luar dibandingkan dengan budaya dari daerahnya , pertanyaan saya dari pernyataan tersebut menurut kalian sebagai orang tua nantinya dan sebagai calon guru, solusi yang harus diberikan dari hal tersebut. Terimakasih...

    BalasHapus
  32. Izin bertanya dalam suatu daerah memiliki kebudayaan namun sekolah tidak memiliki fasilitas untuk mengajarkannya, apakh boleh mengajarkan muatan lokal daerah lain?

    BalasHapus
  33. Saya Indah Suryani (E1E019154) izin menjawab pertanyaan dari Hidayatul fatmi. Menurut saya metode pembelajaran yang tepat yang digunakan guru untuk mengajar mulok guna mencapai tujuan dalam kurikulum yaitu dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar maka besar kemungkinan murid dapat mengamati, melakukan percobaan atau kegiatan belajar sendiri. Belajar mencari, mengolah, menemukan informasi sendiri dan menggunakan informasi untuk memecahkan masalah yang ada di lingkungannya
    merupakan pola dasar dari belajar.

    BalasHapus
  34. Izin menjawab pertanyaan dari Indar Egi Priyatni. Adapun tindakan yang dilakukan oleh guru yaitu dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai guna menunjang siswa untuk terus mengeksplor potensi-potensi yang dimikinya hal ini di karenakan potensi yang dimiliki oleh setiap siswa masih memerlukan pengembangan yang serius guna untuk mencapai tujuan keberhasilan.

    BalasHapus
  35. Husnul Hotimah (E1E019148)
    Seperti yang sudah dijelaskan bapak tadi, bahwa dalam pembelajaran seni rupa anak guru memiliki peranan yang banyak, sebagai calon guru kapan karya seni rupa atau kegiatan/karya anak/siswa dapat digolongkan sebagai seni rupa anak ?

    BalasHapus